Skip to main content

SIAPA DULUAN MASUK SURGA ?

TUlisan ini adalah hasil saya mendengarkan khutbah jum'at di daerah saya, saya sangat terkesan dengan khotbah khotib yang menerangkan tentang orang-orang yang masuk surga tanpa hisab. semoga saja kita termasuk di dalammnya ? amin-amin. Untuk lebih jelasnya begini isi khutbahnya.
Di akhirat nanti ada segolongan kelompok yang masuk surga dengan tanpa hisab, mereka-mereka telah di jamin oleh Allah untuk masuk surganya. siapakah mereka itu ?
  1. Orang yang mati sahid , berperang ( jihad) semata-mata karena Allah
  2. Orang yang menunaikan ibadah haji , dan tidak mengotori ibadah hajinya semata-mata karena Allah.
  3. Orang alim (ulama' ) yang mengamalkan ilmunya semata-mata karena Allah
  4. Orang yang dermawan, semata-mata karena Allah
namun keempat golongan itu saling berebutan untuk duluan masuk ke surga ? sebagai penjaga malaikat Jibril memberi giliran kepada orang yang mati syahid ?
Malaikat Jibril bertanya : Kenapa kamu ingin masuk surga duluan ?
Orang Mati sahid menjawab : Saya telah berjuang di medan perang dan mati, dan niat saya semata-mata karena membela agama Allah.
Malaikat Jibril bertanya : Dari mana kamu tahu kalau kamu kalau mati syahid akan masuk surga ?
Orang mati syahid menjawab : dari para ulama .
Mailaikat Jibril berkata : kalau begitu dahulukan dulu para gurumu, Kemudian giliran kedua.
Orang yang menunaikan ibadah haji mabrur , mereka juga ditanya seperti pada giliran pertama tadi dan jawabnya. aku telah haji dan niatkku hanya untuk Allah, aku tidak mengotori ibadah hajiku dengan hal-hal yang di larang oleh Allah.
malikat bertanya darai mana kamu tahu kalau ibadah hajimu klau mabrur kau akan masuk surga ?
Pak hji menjawab : Saya tahu dari seorang ulama. Malaikat berkata kalau begitu dahulukan dulu gurumu agr kau tidak syu'ul adab .
Kemudian giliran para ulama' : kenapa kau ingin masuk surga duluan ?
Jawabnya : karena aku menuntut ilmu semata-mata karena Allah, dan aku amalkan juga semata-mata karena Allah . Malaikat bertanya darimana kau peroleh biaya untuk menuntut ilmu itu, dan darimana pakaian yang kau pakai untuk menuntut ilmu itu . Maka Para ulama' menjawab : aku peroleh biaya dan pakean ini untuk menuntut ilmu dari seorang dermawan.Maka dengan izin dan Ridho Allah maka Dermawanlah yang pertama kali masuk surga kemudian diiringi dengan yang lainnya.
demikian sedikit keterangan yang saya sampaikan semoga bermanfaat . amin

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA JUDUL " KESABARAN "

KESABARAN Sebuah cerita yang mengisahkan seorang remaja dari ekonomi lemah yang giat dan gigih dalam berusaha, semenjak dari bangku SD hingga sampai di perguruan tinggi mencari biaya sendiri dan dengan penuh ejekan atau cemoohan teman-temannya. Namun beliaunya mengadapinya dengan sabar, akhirnya Allah menjadikannya beliaunya menjadi orang sukses. Para hadirin sekalian, marilah kita saksikan pagelaran teater cilik siswa-siswi SDN ....... Dengan mengangkat cerita “ Seorang penyabar “. Dengan para pemain : 1. Ardy sebagai seorang penyabar diperankan oleh Ayub Abdurrahman Priono 2. Eka Fitria Riana sebagai Ibu Ardy 3. Muhammad fahri Muzakki sebagai guru 4. Andreas Bayu kusuma sebagai Joni 5. Thomas sahabat Joni diperankan oleh Siswo Muhammad Arif Nugroho 6. Fatimah dan Zahro sebagai sahabat Ardy diperankan oleh Sasisania Dewantari dan Laili 7. Mbah dukun diperankan oleh Fadil Hadirin yang berbahagia inilah teater cilik siswa-siswi SDN ............ disutradai oleh Ibu Khusnul Hidayat selama

Alala Tanalul ilma

Bagi yang sudah pernah ngaji di pesantren, atau pernah diajar sama lulusan pesantren, atau pernah ngaji di diniyah/madrasah, tentu kenal banget dengan kitab adab ta’limul muta’allim dan akhlaq yang bagus banget ini. Kitab ini berisi nadhom-nadhom yang diartikan dalam bahasa jawa, arti dan penjelasannya bener-bener sangat mengena dan bisa memperbaiki akhlak anak yang belajar mengaji. Saat ini sudah tersedia kitab alala Pdf yang bisa kalian download di Internet, dan kalau kalian baca kitab ini, meskipun singkat, tapi isinya sebenarnya penting banget buat dipelajari bagi anak-anak kecil yang belajar mengaji. Rasul sendiri diutus untuk memperbaiki dan menyempurnakan akhlak. Ibadah setiap hari tanpa dibarengi dengan perbaikan akhlak adalah salah satu tanda bahwa ibadah yang kita lakukan ada yang salah sehingga hanya terjebak pada formalitas ibadah, bukan mengena pada substansinya. Pengarang kitab Alala sendiri tidak dicantumkan di dalam kitab-kitab alala yang selama ini dipelajari, dan

CARA MUDAH MERUBAH PDF KE MS WORD

Banyak cara merubah file PDF menjadi MS Word diantaranya adalah sebagai berikut : Menggunakan Open Office.org * Menggunakan Office 2007 harus di setel dulu beberapa bagian (plugin) jika kesulitan lebih mudah menggunakan Open Office.org , jika Open Office.org belum punya download disini (149.35 Mb) h ttp://www.openoffice.org/ Mengunakan Software PDF to Word Converter ( Software pengubah PDF menjadi Word ) * Software ini berfungsi sebagai ‘ conver ter ‘ atau peng convert sebuah file, banyak file yang bisa di convert menjadi file apapun yang kita inginkan, namun yang di butuhkan sekarang ialah pengubah PDF to Word, saya tidak memberikan software ini secara utuh, namun memberikan arahan untuk anda supaya men download software tersebut. Karena software ini untuk dijual / jika saya berikan maka tindakan saya adalah ilegal dan menyalahi aturan TOS dari Google. Anda bisa men download file tersebut yang bersifat TRIAL / Uji Coba sebelum membeli namun memiliki fungsi yang sama. Download s