Skip to main content

MENGHIDUPKAN SUNNAH RASUL SAW (1)


Mari kita hidupkan sunnah rasul !!!!



“ Hai orang-orang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama islam.” (QS. Ali Imran :102)

“ Sungguh telah ada pada (diri ) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharapkan Allah dan (kebahagiaan) hari akhir dan banyak-banyak berdzikir kepada Allah.” ( QS. Al-Ahzab:21)


Pengertian secara rinci, bahwasanya Rasulullah SAW merupakan suri tauladan :
1.      Bagi orang-orang yang hanya mengharapkan Allah, yaitu al-muqorrobun (ahli haqiqah).
2.      Bagi orang yang mengharapkan mengaharapkan di hari akhir (selamat dari neraka dan masuk surga), yaitu al-abraar (ahli syari’ah)
3.      Bagi oraang yang banyak berdzikir krpada Allah, yaitu ahli thoriqah.

Kesimpulannya, bahwa semua umat islam, baik kelompok ahli syari’ah, ahli thoriqah maupun ahli haqiqah itu kesemuannya harus mengambil suri tauladan dari Rasulullaah SAW.
Mengambil suri taulan ini adalah diperintahkan oleh Allah SWT sebagaimana dalam firman-Nya:
“ Katakanlah :”Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah maha pengampun lagi maha penyayang. (QS. Ali Imran:31)

Al-ittiba’(mengikuti jejak Rosulullah) itulah yang dimaksud dengan mengambil suri tauladan dari Rasulullah SAW. Memang tidak ada jalan menuju Allah ( mencari keridlaan Allah, pendekatan diri kepada Allah, juga pahala-pahala dari Allah) kecuali hanya mengikuti jejak-jejak Rasulullah SAW, seperti yang dikatakan oleh Syaikh Abul Qasim al-Junaidi RA ( w. 297 H).

“ Semua Jalan menuju Allah adalah tertutup, kecuali orang-orang yang mengikuti jejak-jejak Rasulullah SAW.”

Juga seperti yang dikatakan oleh Syaikh Tajuddin Ibnu Atha’illah as- Sakandari RA (w.709 H)

“Sungguh Allah telah mengumpulkan kebajikan seluruhnya di dalam rumah, dan Allah telah membuat kuncinya, yaitu mengikuti jejak-jejak Nabi SAW. Barang siapa yang telah dibukakan baginya pintu mutaba’ah, maka hal itu menunjukkan bahwa ia telah dicintai oleh Allah SWT.”


Mengikuti jejak-jejak Rasulullah SAW itu, adalah berarti menghidupkan sunnah Rasulullah, sekaligus berarti mencintai beliau, yang pada akhirnya akan masuk kedalam surga bersama-sama dengan beliaau, sebagaimana sabda beliau :

“ Barang siapa menghidupkan sunnahku maka ia telah mencintaiku, dan barang siapa mencintaiku maka ia akan bersamaku di surga “ ( HR. Thabarani dari Anas ibnu Malik)

Menghidupkan sunnah Rasulullah itu adalah dengan beberapa cara :
1.      At-Tamassaku ( berpegang teguh sekaligus mengamalkan), sebagaimana Sabda rasulullah SAW:

“ Barangsiapa yang berpegang teguh dengan sunnahku disaat rusaknya umatku, maka baginya pahala seperti pahala seratus orang mati syahid.”

Dan sabda Rasulullah SAW (dikutip dari kitab al-Ghun-yah karangan Syaikh Abdul Wadir al-Jilani):

Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Umar, dari al-‘Urbadi bin Sariyaah RA, bahwasanya Rasulullah SAW shalat shubuh bersama kami, llu beliaaua menasehati kami dengan nasehat yang fasih, yang akrenanya kami meneteskan airmata, hati tergetar, dan kulit bagaiterbakar, lalu kami berkataa : “ wahai Rasulullah, sungguh seakan ini adalah nasehat perpisahan.”
Rasulullah SAW bersabda : “Aku berwasiat pada kalian semua untuk bertaqwa kepada Allah, mendengarkan, dan taat, sekalaipun ia budak Habsyi. Barangsiapa yang hidup setelah aku , niscaya akan  melihat banyak perselisihan (alira), ketika itu berpegang teguhlah pada sunnahku dan sunnah khulafa’ur Rasyidin setelah aku, pegang teguhlah itu dan gigitlah dengan gerahammu. Takutlah pada perkara-perkara baru, sungguh tiap perkara yang baru itu bid’ah, dan setiap bid’ah itu sesat.”
(Yang dimaksud bid’ah dlolalah adalah bid’ah muharromah)

2.      Memperjuangkan atau mendakwakan, sebagaiman firman Allah SWT:

“ Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu, dengan hikmah (kebijaksanaa), dan mauidzah (pitutur) yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik (berdialog). Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya, dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapatkan petunjuk.” (QS. An-Nahl:125)

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA JUDUL " KESABARAN "

KESABARAN Sebuah cerita yang mengisahkan seorang remaja dari ekonomi lemah yang giat dan gigih dalam berusaha, semenjak dari bangku SD hingga sampai di perguruan tinggi mencari biaya sendiri dan dengan penuh ejekan atau cemoohan teman-temannya. Namun beliaunya mengadapinya dengan sabar, akhirnya Allah menjadikannya beliaunya menjadi orang sukses. Para hadirin sekalian, marilah kita saksikan pagelaran teater cilik siswa-siswi SDN ....... Dengan mengangkat cerita “ Seorang penyabar “. Dengan para pemain : 1. Ardy sebagai seorang penyabar diperankan oleh Ayub Abdurrahman Priono 2. Eka Fitria Riana sebagai Ibu Ardy 3. Muhammad fahri Muzakki sebagai guru 4. Andreas Bayu kusuma sebagai Joni 5. Thomas sahabat Joni diperankan oleh Siswo Muhammad Arif Nugroho 6. Fatimah dan Zahro sebagai sahabat Ardy diperankan oleh Sasisania Dewantari dan Laili 7. Mbah dukun diperankan oleh Fadil Hadirin yang berbahagia inilah teater cilik siswa-siswi SDN ............ disutradai oleh Ibu Khusnul Hidayat selama

Alala Tanalul ilma

Bagi yang sudah pernah ngaji di pesantren, atau pernah diajar sama lulusan pesantren, atau pernah ngaji di diniyah/madrasah, tentu kenal banget dengan kitab adab ta’limul muta’allim dan akhlaq yang bagus banget ini. Kitab ini berisi nadhom-nadhom yang diartikan dalam bahasa jawa, arti dan penjelasannya bener-bener sangat mengena dan bisa memperbaiki akhlak anak yang belajar mengaji. Saat ini sudah tersedia kitab alala Pdf yang bisa kalian download di Internet, dan kalau kalian baca kitab ini, meskipun singkat, tapi isinya sebenarnya penting banget buat dipelajari bagi anak-anak kecil yang belajar mengaji. Rasul sendiri diutus untuk memperbaiki dan menyempurnakan akhlak. Ibadah setiap hari tanpa dibarengi dengan perbaikan akhlak adalah salah satu tanda bahwa ibadah yang kita lakukan ada yang salah sehingga hanya terjebak pada formalitas ibadah, bukan mengena pada substansinya. Pengarang kitab Alala sendiri tidak dicantumkan di dalam kitab-kitab alala yang selama ini dipelajari, dan

CARA MUDAH MERUBAH PDF KE MS WORD

Banyak cara merubah file PDF menjadi MS Word diantaranya adalah sebagai berikut : Menggunakan Open Office.org * Menggunakan Office 2007 harus di setel dulu beberapa bagian (plugin) jika kesulitan lebih mudah menggunakan Open Office.org , jika Open Office.org belum punya download disini (149.35 Mb) h ttp://www.openoffice.org/ Mengunakan Software PDF to Word Converter ( Software pengubah PDF menjadi Word ) * Software ini berfungsi sebagai ‘ conver ter ‘ atau peng convert sebuah file, banyak file yang bisa di convert menjadi file apapun yang kita inginkan, namun yang di butuhkan sekarang ialah pengubah PDF to Word, saya tidak memberikan software ini secara utuh, namun memberikan arahan untuk anda supaya men download software tersebut. Karena software ini untuk dijual / jika saya berikan maka tindakan saya adalah ilegal dan menyalahi aturan TOS dari Google. Anda bisa men download file tersebut yang bersifat TRIAL / Uji Coba sebelum membeli namun memiliki fungsi yang sama. Download s