Skip to main content

UBAH IMPIAN JADI KENYATAAN

UBAH IMPIAN JADI KENYATAAN

Oleh : Lisa Nuryanti, Internnational Director, John Robert Powers.

Seringkali orang bertanya: "Setelah kita berani bermimpi, bagaimana kalau nanti ternyata impian itu tidak terwujud?", "Bagaimana kalau ternyata saya gagal?", "Menurut kamu, kira-kira saya bisa nggak, ya?"
Berbagai pertanyaan serupa yang menggambarkan kekhawatiran, keraguan, dan ketakutan. Hanya sedikit yang bertanya: "Apa langkah saya selanjutnya agar impian saya menjadi kenyataan?", atau "Bagaimana cara mewujudkan impian saya?"

Sebagai manusia, wajar saja kalau kita merasa ragu, takut, atau ingin lebih siap dulu, sehingga menunda sesuatu.

Ketakutan yang wajar justru akan membuat manusia lebih berhati-hati dan tidak bertindak membabi-buta.

Namun, seringkali manusia sulit untuk mengendalikan ketakutan ini, sehingga tidak berbuat apa-apa dan melakukan penundaan terlalu lama.

Bila impian ditunda terlalu lama mewujudkannya, bukannya semakin jelas tetapi impian itu bisa menjadi pudar. Keraguan dan ketakutan malah akan semakin kuat, karena setiap hari dipikirkan dan dipupuk tanpa mencari jalan keluar atau cara penanggulangannya.

Beberapa langkah yang dapat ditempuh setelah kita berani bermimpi adalah:

* Tetapkan tujuan yang jelas.

Bila Anda telah berani bermimpi, perjelas lah impian itu dengan pengembangan yang lebih rinci. Misalnya, saya akan menjadi seperti apa setahun lagi? Bagaimana keadaan saya lima tahun lagi? Apa yang saya lakukan setahun sejak sekarang? Saya ingin punya usaha sendiri. Apa? Di mana? Apa target pasarnya? Apa kelebihan usaha saya? Siapa yang mengelola? Usaha seperti apa yang saya inginkan?

Saya seorang karyawan dan saya ingin dipromosikan. Sebagai apa? Di mana? Apa kriteria yang harus saya capai agar saya memenuhi syarat?

Kemudian tuliskanlah mimpi itu dalam buku khusus atau komputer Anda. Bukalah setiap hari, pikirkan, kembangkan, dan gali lebih dalam lagi. Maka, impian itu akan semakin jelas. Anda akan memiliki gambaran yang lebih nyata.

Dengan demikian anda akan membuat impian Anda hidup dan memberikan semangat pada Anda.

* Tetapkan batas waktu.

Mimpi atau tujuan harus diberi batas waktu. Batas waktu ini dapat dibagi menjadi batas waktu jangka pendek dan batas waktu jangka panjang.

Dengan memberikan target pada diri sendiri, arah tujuan menjadi lebih jelas. Kebiasaan menunda akan berkurang. Tentu saja semuanya tetap harus direncanakan.

Kalau saya ingin punya salon sendiri, misalnya, kapan salon tersebut harus berdiri? Apakah saya perlu mengurus izin? Kapan saya harus mengurus? Jangan sampai semua sudah siap ternyata lupa belum mengurus izin. Berapa lama saya perlukan untuk mencari karyawan? Kapan saya harus membeli peralatan? Semuanya perlu memiliki batas waktu.

Saya ingin menjadi manajer pemasaran. Kapan saya ingin mencapai jabatan tersebut? Apa yang harus saya pelajari sekarang untuk meningkatkan kualitas diri saya? Kapan saya harus selesai mempelajari semuanya? Adakah orang yang dapat membagi pengalamannya pada saya? Kapan saya harus menemui dia? Apa yang harus saya baca? Berapa menit saya harus membaca setiap hari?

* Buat rencana pelaksanaan.

Rencana sebaiknya dibuat tertulis. Tulisan akan memudahkan kita mengingat ide baru atau masukan baru serta pengembangan dan perubahan.

Dalam tahap ini perlu dipikirkan segala kemungkinan dan penentuan rencana untuk menanggulangi segala masalah yang timbul. Daya kreativitas Anda dapat dikembangkan di sini.

Salon apa yang akan saya buat? Di mana? Bagaimana promosinya? Bagaimana menentukan biaya? Siapa calon pelanggan potensial? Apakah saya perlu mengadakan grand opening? Apa acaranya? Siapa yang saya undang?

Untuk menjadi manajer pemasaran,buku apa saja yang harus saya baca? Apakah saya perlu mengikuti kursus bahasa asing? Berapa jam sehari saya harus bekerja agar kinerja saya lebih baik? Bagaimana saya dapat mengungguli calon lain? Bagaimana sikap saya dalam rapat harian, bulanan atau tahunan? Apakah laporan yang saya buat lebih baik? Bagaimana saya mengatur waktu agar bisa bekerja lebih efektif?

* Realisasikan rencana pelaksanaan.

Manusia terkadang lupa diri dan dapat terhanyut dalam proses perencanaan. Di sinilah perlunya batas waktu. Jangan menunda. Jalankan rencana yang telah disusun.

Biasakan setiap hari melakukan sesuatu untuk membawa diri Anda selangkah lebih dekat pada impian Anda.

Minggu depan saya mau kursus potong rambut metode baru. Hari ini saya mau mendaftar dan juga menghitung target untuk tahun depan.

Mulai sekarang saya ingin lebih aktif dalam rapat harian. Hari ini apa usulan saya untuk ikut memajukan perusahaan?

Setiap hari pikirkan impian Anda, bicarakan impian Anda dengan orang lain, buka buku catatan atau komputer Anda, kembangkan ide, lakukan perbaikan bila perlu, ubahlah hal yang perlu diubah, perjelaslah impian Anda.

Dengan kata lain, jadikanlah impian itu menjadi hidup Anda. Di mana pun Anda berada Anda akan mengingat impian Anda.

Semua yang Anda lihat atau amati akan menambah ide dan wawasan bagi impian Anda. Semua yang terjadi di sekeliling Anda akan terhubung dengan impian Anda.

Good luck!

Comments

  1. terima kasih postingnya,bisa menjadi sebagia acuan buat saya melangkah

    ReplyDelete

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA.

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA JUDUL " KESABARAN "

KESABARAN Sebuah cerita yang mengisahkan seorang remaja dari ekonomi lemah yang giat dan gigih dalam berusaha, semenjak dari bangku SD hingga sampai di perguruan tinggi mencari biaya sendiri dan dengan penuh ejekan atau cemoohan teman-temannya. Namun beliaunya mengadapinya dengan sabar, akhirnya Allah menjadikannya beliaunya menjadi orang sukses. Para hadirin sekalian, marilah kita saksikan pagelaran teater cilik siswa-siswi SDN ....... Dengan mengangkat cerita “ Seorang penyabar “. Dengan para pemain : 1. Ardy sebagai seorang penyabar diperankan oleh Ayub Abdurrahman Priono 2. Eka Fitria Riana sebagai Ibu Ardy 3. Muhammad fahri Muzakki sebagai guru 4. Andreas Bayu kusuma sebagai Joni 5. Thomas sahabat Joni diperankan oleh Siswo Muhammad Arif Nugroho 6. Fatimah dan Zahro sebagai sahabat Ardy diperankan oleh Sasisania Dewantari dan Laili 7. Mbah dukun diperankan oleh Fadil Hadirin yang berbahagia inilah teater cilik siswa-siswi SDN ............ disutradai oleh Ibu Khusnul Hidayat selama

Alala Tanalul ilma

Bagi yang sudah pernah ngaji di pesantren, atau pernah diajar sama lulusan pesantren, atau pernah ngaji di diniyah/madrasah, tentu kenal banget dengan kitab adab ta’limul muta’allim dan akhlaq yang bagus banget ini. Kitab ini berisi nadhom-nadhom yang diartikan dalam bahasa jawa, arti dan penjelasannya bener-bener sangat mengena dan bisa memperbaiki akhlak anak yang belajar mengaji. Saat ini sudah tersedia kitab alala Pdf yang bisa kalian download di Internet, dan kalau kalian baca kitab ini, meskipun singkat, tapi isinya sebenarnya penting banget buat dipelajari bagi anak-anak kecil yang belajar mengaji. Rasul sendiri diutus untuk memperbaiki dan menyempurnakan akhlak. Ibadah setiap hari tanpa dibarengi dengan perbaikan akhlak adalah salah satu tanda bahwa ibadah yang kita lakukan ada yang salah sehingga hanya terjebak pada formalitas ibadah, bukan mengena pada substansinya. Pengarang kitab Alala sendiri tidak dicantumkan di dalam kitab-kitab alala yang selama ini dipelajari, dan

CARA MUDAH MERUBAH PDF KE MS WORD

Banyak cara merubah file PDF menjadi MS Word diantaranya adalah sebagai berikut : Menggunakan Open Office.org * Menggunakan Office 2007 harus di setel dulu beberapa bagian (plugin) jika kesulitan lebih mudah menggunakan Open Office.org , jika Open Office.org belum punya download disini (149.35 Mb) h ttp://www.openoffice.org/ Mengunakan Software PDF to Word Converter ( Software pengubah PDF menjadi Word ) * Software ini berfungsi sebagai ‘ conver ter ‘ atau peng convert sebuah file, banyak file yang bisa di convert menjadi file apapun yang kita inginkan, namun yang di butuhkan sekarang ialah pengubah PDF to Word, saya tidak memberikan software ini secara utuh, namun memberikan arahan untuk anda supaya men download software tersebut. Karena software ini untuk dijual / jika saya berikan maka tindakan saya adalah ilegal dan menyalahi aturan TOS dari Google. Anda bisa men download file tersebut yang bersifat TRIAL / Uji Coba sebelum membeli namun memiliki fungsi yang sama. Download s