Skip to main content

KEUTAMAAN PUASA SUNNAH

Disini saya ingin menjelaskan sedikit tentang keutamaan-keutamaan dalam berpuasa sunnah, yang merupakan ibadah tambahan bagi kaum muslimin untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah subhanallah ta'ala :
  1. Puasa Senin-kamis: Puasa senin-kamis sering dikerjakan oleh rasulullah SAW sepanjang hidupnya, Rasulullah SAW selalu melakukan puasa sunnah itu, bahkan jarang beliau meninggalkannya, mengingat adanya keutamaan dan manfaatnya yang demikian besar. diantara keutamaan puasa senin-kamis ini adalah : Senin adalah hari diturunkan Al-Qur'an. Senin adalah hari kelahiran Rasulullah SAW. Senin adalah hari penetapan kerasulan Muhammad SAW. Senin dan Kamis adalah hari pemerikasaan dan pelaporan amal manusia.Senin dan kamis adalah dibukannya pintu-pintu surga.
  2. Puasa Daud adalah puasa yang dilakukan dengan cara selang seling, sehari puasa sehari berbuka. Puasa ini sering dilakukan oleh Nabi Daud a.s, sehingga dinamakan puasa Daud. Rasulullah SAW menyebut puasa Daud sebagai puasa yang paling utama, sebagaimana sabdanya :  " Puasalah sehari dan berbukalah sehari, karena yang demikian itu adalah seutama-utamanya puasa; itulah puasa saudaraku Daud 'alaihissalam."
  3. Puasa hari-hari putih ( Ayyamul Bidh): tanggal 13,14 dan 15 setiap bulan qamariyah (tahun hijriyah), puasa ini dinamakan hari putih (ayyamul bidh) karena pada hari-hari tersebut bertepatan dengan terang bulan.  Rasulullah rutin melakukannya .Rasulullah SAW pernah bersabda yang diriwayatkan dari Abdullah Ibn Amr Ibn 'Ash : " Berpuasalah setiap bulannya tiga hari. Karena sesungguhnya kebaikan pada hari itu dihitung dengan sepuluh kelipatannya yang nilainya sama seperti berpuasa sepanjang tahun." (H.R Muttfaqun 'Alaih).
  4. Puasa bulan Muharram ( Puasa 'Asyura) : Muharram merupaka bulan pertama dalam hitungan kalender Qamariyah, karena pada waktu itu Rsulullah pertama kali hijrah ke Madinah. Allah sangat memulyakan bulan Muharram sehingga disebut sebagai bulan Allah (syahrullah), pada bulan ini Allah menyelamatkan Nabi Musa dari kejaran Fir'aun. Pada bulan ini dilarang kontak senjata (peperangan).Puasa pada bulan ini sangat dianjurkan sebagaimana Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a : " Sebaik-baiknya puasa setelah bulan Ramadhan adalah pada bulan Allah, yaitu Muharram (H.R Abu Dawud dan Tirmidzi).
  5. Puasa Bulan Rajab. Rajab merupakan bulan ketujuh dalam hitungan kalender islam. sama seperti Muharram, Rajab termasuk bulan-bulan yang mulia. Allah meng-Isra' Mi'rajkan Rasulullah SAW pada bulan Rajab. perintah sholat juga diwajibkan pada bulan ini. Rasulullah SAW bersabda : " Rajab adalah bulan Allah, Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku."
  6. Puasa bulan Sya'ban. Sya'ban adalah bulan kedelapan dalam hitungan kalender Qomariyah. ia terletak setelah bulan Rajab dan sebelum Ramadhan. Penyebutan bulan Sya'ban sering disatukan dengan bulan Rajab dan ramadhan, seperti dalam doa yang sering dibaca umat islam berikut ini : " Ya Allah, berkahi kami du bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikan umur kami di bulan Ramadhan.". Dari "Aisyah r.a menceritakan : " Aku tidak melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasa satu bulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Dan aku tidak melihat beliau pada bulan-bulan yang lain berpuasa lebih banyak dari bulan Sya'ban." (HR. Muttafaqun 'Alaih). Mengapa Rasulullah banyak puasa pada bulan Sya'ban. pertanyaan inilah yang mengusik Usamah bin Zaid r.a, sehingga ia langsung menemui Rasulullah SAW dan bertanya,kenapa Rasulullah berpuasa lebih banyak di bulan Sya'ban dibandingkan bulan-bulan lainya ?.Beliau memberikan penjelasan, " Bulan itu sering dilupakan orang, karena letaknya antara Rajab dan Ramadhan, padahal pada bulan itulah diangkatnya amal-amalan manusia kepada Tuhan. Maka saya ingin ketika amalan saya diangkat saya dalam keadaan berpuasa."
  7. Puasa Bulan Syawwal. Bulan ini adalah bulan kesepuluh yang jatuh setelah Ramadhan. Secara bahasa Syawwal artinya peningkatan amal. Pada bulan Ramadhan, umat islam diperintahkan melaksanakan puasa sebulan penuh, ditambah melakukan amal sholeh lainya seperti shalat teraweh, membaca Al-Qur'an, zakat fitrah, dan sedekah. Berbagai amal tersebut dapat meningkatkan keimanan seseorang, sehingga setelah Ramdhan , iman seorang muslim dipastikan meningkat.Puasa 6 hari di bulan Syawwal memiliki keutamaan yang luar biasa, yakni sama nilainya dengan puasa selama setahun. Abu Ayyub menyatkan bahwa Rasulullah SAW pernah berssabda: " Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, lalu dilanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawwal, maka nilainya seperti puasa sepanjang tahu." (HR.Muslim, Abu Dawud, dan Tirmidzi).
  8. Puasa Bulan Dzulhijjah (Puasa 'Arafah). Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melakukan banyak amal shaleh pada bulan Dzulhijjah. Pahala orang yang mengerjakan amal shaleh pada bulan Dzulhijjah sebanding dengan pahala orang yang mati syahid di medan perang, karena membala agama Allah. sebagaimana diungkapkan oleh Ibnu Abbas r.a ia bercerita: " Tidak ada hari-hari yang mengerjakan amalan shaleh pada hari-hari itu yang lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini." (HR. Bukhari)

Comments

  1. TRIM BANGET...SEMOGA BISA BERMANFAAT TUK SEMUA UMAT MUSLIM..AMIEN..

    ReplyDelete

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA.

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA JUDUL " KESABARAN "

KESABARAN Sebuah cerita yang mengisahkan seorang remaja dari ekonomi lemah yang giat dan gigih dalam berusaha, semenjak dari bangku SD hingga sampai di perguruan tinggi mencari biaya sendiri dan dengan penuh ejekan atau cemoohan teman-temannya. Namun beliaunya mengadapinya dengan sabar, akhirnya Allah menjadikannya beliaunya menjadi orang sukses. Para hadirin sekalian, marilah kita saksikan pagelaran teater cilik siswa-siswi SDN ....... Dengan mengangkat cerita “ Seorang penyabar “. Dengan para pemain : 1. Ardy sebagai seorang penyabar diperankan oleh Ayub Abdurrahman Priono 2. Eka Fitria Riana sebagai Ibu Ardy 3. Muhammad fahri Muzakki sebagai guru 4. Andreas Bayu kusuma sebagai Joni 5. Thomas sahabat Joni diperankan oleh Siswo Muhammad Arif Nugroho 6. Fatimah dan Zahro sebagai sahabat Ardy diperankan oleh Sasisania Dewantari dan Laili 7. Mbah dukun diperankan oleh Fadil Hadirin yang berbahagia inilah teater cilik siswa-siswi SDN ............ disutradai oleh Ibu Khusnul Hidayat selama

Alala Tanalul ilma

Bagi yang sudah pernah ngaji di pesantren, atau pernah diajar sama lulusan pesantren, atau pernah ngaji di diniyah/madrasah, tentu kenal banget dengan kitab adab ta’limul muta’allim dan akhlaq yang bagus banget ini. Kitab ini berisi nadhom-nadhom yang diartikan dalam bahasa jawa, arti dan penjelasannya bener-bener sangat mengena dan bisa memperbaiki akhlak anak yang belajar mengaji. Saat ini sudah tersedia kitab alala Pdf yang bisa kalian download di Internet, dan kalau kalian baca kitab ini, meskipun singkat, tapi isinya sebenarnya penting banget buat dipelajari bagi anak-anak kecil yang belajar mengaji. Rasul sendiri diutus untuk memperbaiki dan menyempurnakan akhlak. Ibadah setiap hari tanpa dibarengi dengan perbaikan akhlak adalah salah satu tanda bahwa ibadah yang kita lakukan ada yang salah sehingga hanya terjebak pada formalitas ibadah, bukan mengena pada substansinya. Pengarang kitab Alala sendiri tidak dicantumkan di dalam kitab-kitab alala yang selama ini dipelajari, dan

CARA MUDAH MERUBAH PDF KE MS WORD

Banyak cara merubah file PDF menjadi MS Word diantaranya adalah sebagai berikut : Menggunakan Open Office.org * Menggunakan Office 2007 harus di setel dulu beberapa bagian (plugin) jika kesulitan lebih mudah menggunakan Open Office.org , jika Open Office.org belum punya download disini (149.35 Mb) h ttp://www.openoffice.org/ Mengunakan Software PDF to Word Converter ( Software pengubah PDF menjadi Word ) * Software ini berfungsi sebagai ‘ conver ter ‘ atau peng convert sebuah file, banyak file yang bisa di convert menjadi file apapun yang kita inginkan, namun yang di butuhkan sekarang ialah pengubah PDF to Word, saya tidak memberikan software ini secara utuh, namun memberikan arahan untuk anda supaya men download software tersebut. Karena software ini untuk dijual / jika saya berikan maka tindakan saya adalah ilegal dan menyalahi aturan TOS dari Google. Anda bisa men download file tersebut yang bersifat TRIAL / Uji Coba sebelum membeli namun memiliki fungsi yang sama. Download s