Skip to main content

Orang Yang Tertipu

ORANG YANG KECELIK
(Edisi Mengenang Orang Alim, KH. Syairozi, Lahul Fatihah..)

KH. Muhammad Imam Syairozi Lamongan bercerita soal tiga orang yang kecelik. Kecelik adalah istilah Jawa yang digunakan utk mengungkapkan sesuatu yang sangat diharapkan, akan tetapi hasilnya mengecewakan.

- KECELIK YG PERTAMA

Orang yang ingin mulia dengan ngetok-ngetokno keapikane iku kecelik.
"Sebab keapikan iku lek diketokno ora nggarai apik. Justru nggarai élék,’’ tutur bliau.
Sebaliknya, keapikan kalau ditutupi, akan semakin kelihatan baik.

’’Sampean kenalan karo wong.
Sampean takoni jenenge sopo? Kok deweke jawab, Kulo almukarrom kiai haji Sholeh
Yo malah diguyu
Kok ora ditambahi almarhum pisan,’’ ucap bliau disambut tawa jamaah.

Pelok, isi buah mangga
jika ditanam di tanah dalam-dalam, justru akan menumbuhkan pohon dan buah. ’’
Coba pelok iku delehen nduwur mejo. Yo sido garing,’

’’Makanya ada maqolah, Kun ardlon fî qodaminnâs ... Jadilah kamu bumi bagi kaki-kaki manusia,’’
tuturnya. ’
"Bumi itu di bawah. Yo diinjak-injak
Yo diidoni
Tapi regane tambah suwi tambah larang. Padahal bumine ora lapo-lapo",
ucapnya kembali disambut ger-geran jamaah.

Makanya jika ngelakoni apik, sebaiknya disembunyikan atau ditutupi.

Attawâdlu’u lâ tazîdu illâ rif’ah (Wong tawadlu' akan semakin mulia).
’’Orang yang berbuat baik dengan diketok-ketokno iku biasane gak eroh (tidak tahu)  dalane berbuat apik. Utowo gak biasa ngelakoni apik,’’ jelasnya.

- KECELIK YG KEDUA

Orang yang ingin kaya dengan enggan bersedekah. Bayangane duwek akeh iku lek disimpen iku kecelik.
Duwek akeh iku lek disedekahno. Asshodaqotu lâ tazîdu illâ katsrotan.

Setiap malam malaikat turun mendoakan orang-orang yang sedekah, "Ya Allah, gantilah yang lebih banyak kepada orang-orang yang sedekah".

’’Saya kemarin di Kediri ketemu konco yang setiap tahun gurune diberi motor. Saya tanya  kok iso ngono?’’
kata Kiai Sairozi.

Salah satu pengurus cerita, awalnya dia hanya memberi satu motor.
Lha kok rezekine tambah akeh tambah akeh.
Akhire motor yang diberikan terus bertambah. ’’Kemarin yang dibagikan sudah 11 motor,’’ bebernya.

Uang sesungguhnya adalah pembantu. ’’Kalau disedekahkan, uang itu hidup. Golekno pahala sing sedekah,’’ jelasnya. Misalnya uang itu dipakai mbayari guru ngaji. Maka orang yang sedekah dapat pahala ngajar ngaji tanpa susah payah ngajar ngaji.

Sebaliknya, kalau hanya disimpan, uang itu turu.
"Sampean seneng endi duwe pembantu turu karo pembantu sing kerjo?’’ ucap Kiai Saerozi.

Orang yang medit (uangnya disimpan), sebenarnya loman. Sebab harta yang disimpannya, ketika meninggal, seluruhnya akan dinikmati pewarisnya, kata Kiai Saerozi.
Sebaliknya, orang yang suka sedekah, sebenarnya pelit. Karena semua yang disedekahkan, kelak akan ia nikmati sendiri di akhirat.

- KECELIK YG KETIGA

Orang mengira bahwa jagoan adalah yang bisa mengalahkan semua musuh iku kecelik.
Sebab musuh sing dikalahno, duwe bolo, duwe konco, duwe keluarga

"Masio kalah, koncone, bolone, keluargane pasti balas dendam. Musuhe tambah akeh" , tuturnya.

Menang yang sejati, kata Kiai Saerozi, adalah dengan memaafkan.

Al 'afwu lâ tazîdu illâ 'izzan
"Memaafkan akan menambah kemenangan"

’’Musuh disepuro dadi bolo, dulur ora disepuro dadi musuh", tegasnya.
Misalnya musuhan dengan tetangga kanan rumah.
Ora gelem nyepuro, maka lewat depan rumahnya pasti segan.
Musuhan dengan tetangga kiri rumah. Ora mau nyepuro, lewat di depannya pasti juga segan. ’’Akhire ngiri buntu, nganan yo buntu. Padahal asline ora buntu. Sing mbuntu atine dewe,’’ jelasnya.

Kalau punya musuh, mau ngapain juga pasti susah
’’Mau masuk musholla kok di dalamnya ada musuhe. Pasti tidak mau masuk. Ora dikipatno ngipat-ngipat dewe", ucap bliau disambut tawa jamaah

’’Mau naik angkot kok di dalam ada musuhe. Pasti ora sido naik,’’ tambah bliau.

Makanya yang paling baik adalah memaafkan.
"Jagoan sejati iku nyepuroan (pemaaf)"
Ngeluruk tanpo bolo, menang tanpo ngasorake".

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين

#Nasehat Indah

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA JUDUL " KESABARAN "

KESABARAN Sebuah cerita yang mengisahkan seorang remaja dari ekonomi lemah yang giat dan gigih dalam berusaha, semenjak dari bangku SD hingga sampai di perguruan tinggi mencari biaya sendiri dan dengan penuh ejekan atau cemoohan teman-temannya. Namun beliaunya mengadapinya dengan sabar, akhirnya Allah menjadikannya beliaunya menjadi orang sukses. Para hadirin sekalian, marilah kita saksikan pagelaran teater cilik siswa-siswi SDN ....... Dengan mengangkat cerita “ Seorang penyabar “. Dengan para pemain : 1. Ardy sebagai seorang penyabar diperankan oleh Ayub Abdurrahman Priono 2. Eka Fitria Riana sebagai Ibu Ardy 3. Muhammad fahri Muzakki sebagai guru 4. Andreas Bayu kusuma sebagai Joni 5. Thomas sahabat Joni diperankan oleh Siswo Muhammad Arif Nugroho 6. Fatimah dan Zahro sebagai sahabat Ardy diperankan oleh Sasisania Dewantari dan Laili 7. Mbah dukun diperankan oleh Fadil Hadirin yang berbahagia inilah teater cilik siswa-siswi SDN ............ disutradai oleh Ibu Khusnul Hidayat selama

Alala Tanalul ilma

Bagi yang sudah pernah ngaji di pesantren, atau pernah diajar sama lulusan pesantren, atau pernah ngaji di diniyah/madrasah, tentu kenal banget dengan kitab adab ta’limul muta’allim dan akhlaq yang bagus banget ini. Kitab ini berisi nadhom-nadhom yang diartikan dalam bahasa jawa, arti dan penjelasannya bener-bener sangat mengena dan bisa memperbaiki akhlak anak yang belajar mengaji. Saat ini sudah tersedia kitab alala Pdf yang bisa kalian download di Internet, dan kalau kalian baca kitab ini, meskipun singkat, tapi isinya sebenarnya penting banget buat dipelajari bagi anak-anak kecil yang belajar mengaji. Rasul sendiri diutus untuk memperbaiki dan menyempurnakan akhlak. Ibadah setiap hari tanpa dibarengi dengan perbaikan akhlak adalah salah satu tanda bahwa ibadah yang kita lakukan ada yang salah sehingga hanya terjebak pada formalitas ibadah, bukan mengena pada substansinya. Pengarang kitab Alala sendiri tidak dicantumkan di dalam kitab-kitab alala yang selama ini dipelajari, dan

CARA MUDAH MERUBAH PDF KE MS WORD

Banyak cara merubah file PDF menjadi MS Word diantaranya adalah sebagai berikut : Menggunakan Open Office.org * Menggunakan Office 2007 harus di setel dulu beberapa bagian (plugin) jika kesulitan lebih mudah menggunakan Open Office.org , jika Open Office.org belum punya download disini (149.35 Mb) h ttp://www.openoffice.org/ Mengunakan Software PDF to Word Converter ( Software pengubah PDF menjadi Word ) * Software ini berfungsi sebagai ‘ conver ter ‘ atau peng convert sebuah file, banyak file yang bisa di convert menjadi file apapun yang kita inginkan, namun yang di butuhkan sekarang ialah pengubah PDF to Word, saya tidak memberikan software ini secara utuh, namun memberikan arahan untuk anda supaya men download software tersebut. Karena software ini untuk dijual / jika saya berikan maka tindakan saya adalah ilegal dan menyalahi aturan TOS dari Google. Anda bisa men download file tersebut yang bersifat TRIAL / Uji Coba sebelum membeli namun memiliki fungsi yang sama. Download s